K I L A S M A N A D O . C O M | Torang pe koran online

Upaya KPU Cari Solusi Mengenai Surat Suara

  • 24 views
  • 0 comments
Kilasmanado.com, JAKARTA - Perkiraan Komisi Pemilihan Umum, akan ada sekitar 7 juta calon pemilih yang memiliki potensi tidak mendapat surat suara saat Pemilu 2019 berlangsung.

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia | Foto : istimewa

 

Kilasmanado.com, JAKARTA - Perkiraan Komisi Pemilihan Umum, akan ada sekitar 7 juta calon pemilih yang memiliki potensi tidak mendapat surat suara saat Pemilu 2019 berlangsung.

Mereka adalah golongan pemilih berstatus daftar pemilih tetap tambahan (DPTb), serta daftar pemilih khusus (DPK). DPTb adalah warga yang tidak memiliki KTP elektronik (KTP-E) dan suket (surat keterangan), sedangkan DPK ialah warga yang telah memiliki KTP-E, tetapi belum terdaftar sebagai pemilih.

Komisioner KPU RI Viryan Azis mengatakan, bahwa saat ini KPU telah menetapkan jumlah DPT se-Indonesia sekitar 185 juta jiwa.

"Sesuai aturan di UU Pemilu dan peraturan KPU, negara hanya akan mencetak surat suara sebanyak jumlah DPT+2% untuk DPT khusus. Dengan demikian, diperkirakan total surat suara yang akan dicetak hanya sekitar 188 juta, yaitu 185 juta DPT dan sekitar 3 juta untuk DPT khusus," kata Viryan Azis.

"Padahal, diperkirakan jumlah DPTb dan DPK yang ingin memilih itu sekitar 10 juta orang. Jadi, sisanya sekitar 7 juta orang kemungkinan tak akan dapat surat suara," tambah Viryan ketika ditemui reporter Kilasmanado.com kemarin di Gedung KPU , kemarin.

Viryan juga menjelaskan, upaya pendataan DPTb dan DPK yang dilakukan KPU, sementara berjalan hingga Desember 2018. Masyarakat yang telah terdata sebagai DPT khusus akan diupayakan untuk segera mendapat KTP-E, suket, dan didata untuk dapat memiliki hak pilih.

"Sekarang KPU sudah tidak bisa lagi menambah DPT, jadi jumlahnya surat suaranya sudah akan hanya sekitar 188 juta itu yang dicetak. Ini saya akui masih jadi PR kita bersama, bagaimana menyelesaikannya bila potensi itu terjadi," pungkas Viryan.

 

( Ricky Octavian )

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Kilas Manado, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.