K I L A S M A N A D O . C O M | Torang pe koran online

Pertumbuhan Ekonomi Sulut Mengalami Peningkatan

  • 73 views
  • 0 comments
MANADO, KILASMANADO.com -- Pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengalami peningkatan. Pertumbuhan ekonomi Sulut di kuartal III-2017 mencapai


MANADO, KILASMANADO.com -- Pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengalami peningkatan. Pertumbuhan ekonomi Sulut di kuartal III-2017 mencapai 6,49%. Berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku triwulan III/2017 mencapai 28,25% triliun dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp.20,33 triliun. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analisis Statistik Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut, Norma. O. F. Regar, Manado (06/11/2017) Siang.


Norma Regar Mengatakan, "Terhadap triwulan III/2016 atau secara year on year, ekonomi Sulut tumbuh 6,49%," ungkapnya


Lebih jelas Norma Regar menjelaskan bahwa pertumbuhan tersebut didukung dengan hampir semua lapangan usaha yang mengalami peningkatan kecuali lapangab usaha pengadaan air, pengelolaan sampah, limbah dan daur ulang yang mengalami penurunan 1,41%. "Pertumbuhan tertinggi dicapai oleh pertambangan dan penggalian sebesar 10,71% diikuti administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib sebesar 9,71%, dan jasa perusahaan sebesar 9,68%," ungkapnya


Lebih lanjut menurut Norma Regar, tingginya pertumbuhan lapangan usaha pertambangan dan penggalian didorong oleh kembali normalnya operasional PLTP Lahendong dan juga penambahan dua unit pengusahaan uap panas di Minahasa yang telah beroperasi sejak akhir 2016.


Norma Regar juga menjelaskan bahwa, "Pertanian, kehutanan, dan perikanan, perdagangan besar eceran, reparasi mobil sepeda motor, konstruksi dan transportasi pergudangan masih mendominasi PDRB Sulawesi Utara," katanya


Sesuai dengan catatan BPS Sulut, dilihat dari penciptaan sumber pertumbuhan Sulut pada triwulan III/2017 atau yoy, konstruksi memiliki sumber pertumbuhan tertinggi sebesar 1,17%, kehutanan, dan perikanan 0,87% dan industri pengolahan 0,79%. (EBD)











(Sumber: Humas Pemprov Sulut)

Berita Terkait

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Kilas Manado, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.