kilasmanado.com - torang pe koran online

Penting!! Jangan sepelehkan sakit Maag

  • 3664 views
  • 0 comments
KILASMANADO.com -- Sakit maag memang sangat mengganggu, biasanya anda akan langsung ke dokter atau hanya mengkonsumsi obat pereda nyeri saja

 

Jangan sepelehkan sakit Maag

 

KILASMANADO.com -- Sakit maag memang sangat mengganggu, biasanya anda akan langsung ke dokter atau hanya mengkonsumsi obat pereda nyeri saja. Sakit maag dalam masyarakat sering disebut dispepsia walaupun sebenarnya istilah itu kurang tepat. Istilah dispepsia mulai sering digunakan sejak akhir tahun 1980-an, merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan perasaan yang tidak nyaman atau nyeri pada perut bagian atas atau dada bagian bawah. Hampir semua orang pernah mengalami dispepsia, setidaknya satu kali dalam masa hidupnya, baik laki-laki maupun perempuan semuanya dapat mengalami gejala ini.

 

 

Sakit maag bisa disebabkan oleh banyak hal, di antaranya akibat produksi asam lambung yang tinggi, luka terbuka yang muncul di lapisan dalam lambung (tukak lambung), infeksi bakteri Helicobacter pylori, efek samping penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), dan stres.

 

Selain nyeri pada perut bagian atas (area antara pusar dan bawah tulang dada), gejala sakit maag bisa berupa Rasa panas pada perut bagian atas, Cepat merasa kenyang ketika makan dan rasa kenyang berkepanjangan setelah makan, Mual, Kembung pada perut bagian atas, Refluks (kembalinya makanan atau cairan dari lambung ke kerongkongan), Sering bersendawa, Muntah, Nyeri ulu hati atau rasa panas dan nyeri di tengah dada (kadang-kadang terasa sampai punggung dan leher) yang muncul ketika atau setelah makan. Sakit maag yang disertai dengan gejala rasa panas di dalam dada akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan, adalah kasus sakit maag yang seringkali terjadi.

 

Komplikasi dari sakit maag yang berat biasa berupa perdarahan saluran cerna yang ditandai dengan muntah darah berwarna kehitaman seperti kopi dan tinja hitam seperti ter. Hal ini disebabkan oleh bercampurnya darah dengan asam lambung. Selain komplikasi yang berat, harus diwaspadai juga penyebab sakit maag ini karena bisa juga akibat adanya suatu keganasan atau infeksi yang harus ditangani dengan antibiotik.

 

Sebagian besar kasus sakit maag tidak membutuhkan pemeriksaan dokter, namun temuilah dokter jika sakit maag Anda sering kumat dan jika anda sudah berusia 55 tahun ke atas, sering muntah, mengalami disfagia atau sulit menelan, mengalami penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas, mengeluarkan muntah atau tinja yang disertai darah. Biasa untuk memastikan penyebab sakit maag dokter akan menganjurkan untuk melakukan pemeriksaan Endoskopi dan pengambilan sampel jaringan (biopsi) untuk mendeteksi adanya masalah pada saluran pencernaan bagian atas. Pemeriksaan ini berguna juga sebagai deteksi dini kanker di saluran cerna.

 

Bagi anda yang mulai mengalami sakit maag berikut tips untuk mencegah timbulnya sakit maag, antara lain makan sedikit-sedikit tapi sering. Setelah makan, tunggu 2-3 jam sebelum berbaring. Jangan makan terlalu larut malam. Hindari coklat, mint, dan alkohol karena dapat memperburuk sakit maag. Makanan pedas, makanan yang memiliki banyak asam (seperti tomat dan jeruk), dan kopi dapat membuat sakit maag lebih buruk pada beberapa orang. Jangan merokok atau mengunyah tembakau. Jangan mengenakan pakaian ketat di sekitar perut. Hindari stress dan tidak mengonsumsi banyak obat anti-inflamasi. (tr/rls)

 

oleh dr Andrew Evron Pierre Waleleng, Sp.PD

 

Dokter Spesialis Penyakit Dalam di Siloam Hospitals Manado

 

Berita Terkait

Komentar
  • echa Nawa
  • 9 bulan yang lalu

Masih belum paham bagaimana hubungan antara stres dan maag serta asam lambung.
Mohon penjelasannya

Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Kilas Manado, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.