K I L A S M A N A D O . C O M | Torang pe koran online

Penetapan Jokowi dan Prabowo Sebagai calon Presiden Oleh KPU

  • 4336 views
  • 0 comments
Sesuai tahapan program serta jadwal Penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019 yang diatur dalam Peraturan KPU No.  5 Tahun 2018,  Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia  telah melaksanakan tahapan Penetapan dan Pengumuman Pasangan Calon Peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019.

Ketua KPU RI Arief Budiman bersama Wakapolri Komjen Ari Dono,  beserta Komisioner KPU RI saat Konferensi Pers Penetapan DCT DPR,  DPD,  dan Paslon Capres-Cawapres di Gedung KPU sore tadi | foto : EKSKLUSIF ( Ricky Octavian  ) 

 

Kilasmanado.com,  JAKARTA -  Sesuai tahapan program serta jadwal Penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019 yang diatur dalam Peraturan KPU No.  5 Tahun 2018,  Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia  telah melaksanakan tahapan Penetapan dan Pengumuman Pasangan Calon Peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019.

 

KPU RI telah melaksanakan rapat pleno untuk menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT)  anggota DPR,  DPD,  serta Pasangan Calon Peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu Tahun 2019.

Dari hasil rapat pleno tersebut,  KPU RI melalui Ketua KPU, Arief Budiman mengatakan,  pihaknya telah menetapkan 2 (dua) pasangan calon (paslon) yang telah mendaftar di KPU. Dua Paslon antara lain : Ir.  H.  Joko Widodo dan K.H Ma'ruf Amin,  serta H.  Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno. 

"Kedua paslon tersebut telah memenuhi syarat sebagai peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019," ujar Arief Budiman saat konferensi pers yang diadakan di Gedung Sidang Lantai 2 Gedung KPU pada hari Kamis, (20/9/2018) pukul 16.35 sore tadi.

Arief juga mengatakan,  bahwa Penetapan tersebut,  tertuang dalam Keputusan KPU RI Nomor 1131/PL.02.2-Kpt/06/IX/2018 tentang Penetapan Pasangan Calon Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019.

Usai penetapan, KPU akan gelar pengambilan nomor urut bagi pasangan capres dan cawapres. Pengambilan ini akan dilakukan pada, Jumat (21/9/2018)  besok.

"KPU mewajibkan Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga hadir saat pengambilan nomor urut di gedung KPU. Seusai pengambilan nomor urut, tahapan Pilpres memasuki kampanye yang diawali kampanye damai tanggal 23 September 2018. Kampanye akan selesai tanggal 13 April 2019 dan masa pencoblosan tanggal 17 April 2019, " pungkas Arief Budiman.

( Ricky Octavian  ) 

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Kilas Manado, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.