K I L A S M A N A D O . C O M | Torang pe koran online

Pemkot Bitung Concern Terhadap Terumbu Karang

  • 215 views
  • 0 comments

Pemkot Bitung Concern Terhadap Terumbu Karang

KilasManado - Kegiatan transplantasi terumbu karang telah terlaksana di kelurahan Posokan, Lembeh Utara pada hari Kamis (18/8) kegiatan ini adalah hasil kerjasama Pemerintah Kota Bitung dengan Kementerian Lingkungan Hidup.

Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban yang membuka langsung kegiatan ini juga didampingi Ketua POSSI (Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia) Kota Bitung Dra. Khouni Lomban Rawung dan Direktorat Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Pesisir dan Laut Kementrian Lingkungan Hidup RI Januar.

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk mempertahankan keutuhan dan keberlanjutan hidup terumbu karang yang merupakan hunian berbagai jenis biota laut, serta memaksimalkan fungsi Terumbu Karang, "Karena Terumbu Karang merupakan tempat berkembang biak ikan, juga berfungsi sebagai pemecah ombak" jelas Lomban. Menurut Lomban  Pemerintah Kota BItung telah menetapkan 10.000 Ha kawasan konservasi untuk dijadikan rumah ikan dibeberapa Lokasi di Kota Bitung, "kedepannya akan ditetapkan lokasi Diving, tempat memancing bagi para nelayan serta lokasi yang terumbu karang sehingga ada sinkronisasi pertumbuhan ekonomi perikanan dan pariwisata di kota Bitung.

Yang menjadi harapan lomban adalah kerja sama dari seluruh masyarakat kota Bitung khususnya lokasi pesisir untuk melestarikan terumbu karang, bahkan ia meminta hal tersebut disosialisasikan bagi para siswa di sekolah-sekolah sehingga mereka memahami arti penting keberadaan terumbu karang bagi ekosistem laut. Sementara itu Januar dari Kementerian Lingkungan Hidup mengatakan kegiatan ini merupakan rencana kerja tahunan dari kementrian Lingkungan Hidup RI, sehingga mampu memaksimalkan fungsi terumbu karang dan melestarikannya,"ini agenda tahunan Kementrian Lingkungan Hidup, setelah melakukan observasi, kami menetapkan kota BItung untuk pelaksanaan kegiatan ini tepatnya di pesisir pantai kelurahan Posokan, "ujar Januar. Turut hadir Kepala Badan Lingkungan Hidup kota Bitung, Kadis Perikanan dan Kelautan kota Bitung, tokoh Pemuda, serta instansi terkait lainnya. (hkb)

Berita Terkait

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Kilas Manado, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.