kilasmanado.com - torang pe koran online

Masamper salah satu Warisan Budaya Indonesia, Masih Ada!

  • 340 views
  • 0 comments
  •  Masamper salah satu Warisan Budaya Indonesia, Masih Ada!
  •  Masamper salah satu Warisan Budaya Indonesia, Masih Ada!
  • thumb  Masamper salah satu Warisan Budaya Indonesia, Masih Ada!
  • thumb  Masamper salah satu Warisan Budaya Indonesia, Masih Ada!

Masamper salah satu Warisan Budaya Indonesia, Masih Ada!

KilasManado – Kemarin Jumat (26/8) telah diselenggarakan lomba masamper oleh GMIM Diaspora Watutumou yang bekerjasama dengan Balai Pelestarian Nilai Budaya Manado. Lomba masamper diikuti oleh 10 kelompok setiap kelompok menyanyikan lagu secara berbalas-balasan dengan tema pertemuan, pujian, percintaan dan perpisahan.

Sekilas mengenai sejarah warisan budaya masamper istilah masamper muncul bersamaan waktunya dengan kebiasaan membawakan lagu-lagu di dalam ibadah oleh sekelompok penyanyi Gereja yang dibina oleh para penginjil. Kelompok penyanyi dimaksud dalam bahasa Portugis disebut Zyangeer dan dalam bahasa Belanda di Sebut Zangvereeninging. 

istilah ini mengalami proses adaptasi di beberapa bahasa dengan menyebut Sampri, kemudian Samper, lalau berkembang menjadi Masamper. akhirnya mendapat tambahan kata kerja menajdi Masampere yang berarti menyanyi bersama-sama dengan cara berbalas-balasan.

Samuel, pelatih salah satu tim yang mengikuti lomba saat diwawancarai oleh wartawan kilasmanado.com menjelaskan, Dulunya nyanyian dalam masamper adalah sekedar menyanyi dengan berbalas-balasan saja tanpa diatur pembagian suaranya, tetapi belakangan menyanyi dalam masamper sudah lebih teratur dalam pembagian suara tenor, alto, sopran juga bass, seperti choir.

Menurut  Charles Talumingan, Pangataseng (pemimpin barisan/pemberi aba-aba) dari salah satu tim peserta lomba, masamper dulunya hanya dilaksanakan oleh GMIST (Gereja Masehi Injili Sangihe Talaud) namun seiring berjalanya waktu kini sudah dapat diterima dan sering dilaksanakan oleh GMIM (Gereja Masehi Injili di Minahasa) dia berharap kedepanya masamper ini tetap ada dan terus dapat dinikmati oleh generasi selanjutnya. (tr)

Berita Terkait

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Kilas Manado, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.