K I L A S M A N A D O . C O M | Torang pe koran online

KPU RI : Stakeholder Perangi Hoax Dan Money Politics

  • 1111 views
  • 0 comments
Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Arief Budiman yakin, bahwa money politics atau politik uang di pemilu 2019 nanti akan semakin berkurang. Hal tersebut sangat bisa terjadi, dikarenakan adanya perubahan pola pikir para pemilih.

Ketua KPU RI ARIEF BUDIMAN | FOTO : EKSKLUSIF ( Ricky Octavian )  

 

Kilasmanado.com, JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Arief Budiman yakin, bahwa money politics atau politik uang di pemilu 2019 nanti akan semakin berkurang. Hal tersebut sangat bisa terjadi, dikarenakan adanya perubahan pola pikir para pemilih.

 

"Kalau dulu, caleg mencari pemilih untuk diberi uang, agar memilih caleg tersebut. Kalau sekarang caleg sudah mikir 'enggak ah enggak saya beri karena saya beri banyak pun enggak akan laku'. Dan banyak riset, kultur itu sebenarnya sudah terbalik," ujar Arief Budiman  usai diskusi "Darurat Pemilu 2019"  yang disertai peluncuran buku Panduan Lengkap Pemilu 2019 di Kantor CSIS, Jakarta, Kamus (27/9/2018) siang tadi.

 

Menurut Arief Budiman,  Saat ini, , pemilih sudah punya pola pikir yang jauh berbeda. Pemberian hadiah tak menjamin si pemilih akan memilih si pemberi.

 

Karena hal itulah, Arief sangat yakin para caleg  memilih untuk menggunakan langkah strategis dengan "jualan" gagasan, program dan visi misi agar bisa terpilih. "Sebetulnya semua orang punya semangat yang sama ya, tidak lagi menggunakan jargon-jargon SARA atau hoaks, dan Bawaslu juga sedang gencar mengawasi dan partai politik pun mulai menyadari ini," pungkas Arief Budiman.

 

 

(Ricky Octavian

 

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Kilas Manado, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.