K I L A S M A N A D O . C O M | Torang pe koran online

KPU Gelar Uji Publik Surat Suara Untuk Penyandang Disabilitas Netra

  • 16 views
  • 0 comments
Kilasmanado. com, Jakarta -  KPU menggelar Uji Publik yang berjudul

Komisioner KPU,  Pramono Ubaid Thantowi memberikan Surat Keputusan kepada Partai Politik Peserta Pemilu sebelum acara dimulai | foto : EKSKLUSIF ( Ricky Octavian

 

Kilasmanado. com, Jakarta -  KPU menggelar Uji Publik yang berjudul "DESAIN SURAT SUARA PEMILIHAN UMUM TAHUN 2019 ANGGOTA DPR,  DPD,  DPRD PROVINSI,  DPRD KABUPATEN/KOTA SERTA PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN, DAN ALAT BANTU COBLOS (TEMPLATE)  BAGI PEMILIH DISABILITAS NETRA" pada hari Jumat,  (14/9/2018) di lantai II Gedung KPU,  Jl.  Imam Bonjol,  pukul 20.00 WIB tadi malam.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Pramono Ubaid Tanthowi menyebut desain surat suara menjadi aspek penting dalam pelaksanaan Pemilu 2019. Sebab, surat suara menjadi wahana bagi masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya dalam pemilu.

 


Karena alasan tersebut, KPU bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang diwakili oleh anggota Bawaslu, RI,  Muhammad Afifuddin, serta perwakilan partai politik peserta Pemilu 2019, membahas  secara bersama.

"Surat suara itu adalah wahana tempat di mana pemilih itu menyalurkan kedaulatannya dalam pemilu. Jadi betul-beul surat suara ini harus kita pikirkan dari berbagai aspeknya," kata Pramono usai kegiatan.

Pramono beranggapan, bahwa pentingnya surat suara harus memberi kemudahan kepada pemilih untuk memilih calon legislatif maupun calon presiden dan wakil presiden.

Dia juga menambahkan, perlu diperhatikan supaya surat suara tersebut dapat mengurangi potensi kesalahan dalam mencoblos.

" dalam perumusan desain surat suara, bersama Bawaslu dan partai politik juga memerhatikan penyandang disabilitas, " tandas Pramono.

Sebagai contoh,  memasukkan huruf braile untuk penyandang tuna netra. "Harus kita fasilitasi pemilih-pemilih dengan disabilitas itu tidak kesulitan menggunakan hak suaranya," lanjut Pramono.

Dari pembahasan desain surat suara tersebut nantinya harus dimintakan persetujuan dari seluruh partai politik peserta Pemilu 2019, sebelum kemudian ditetapkan.

"Setelah ini kita akan  melakukan penyesuaian dari hasil rapat tadi, setelah itu kita undang lagi parpol-parpol untuk mendapatkan persetujuan," tutup Pramono.

( Ricky Octavian

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Kilas Manado, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.