K I L A S M A N A D O . C O M | Torang pe koran online

Jumat, KPU Gelar Pengundian Nomor Urut Capres - Cawapres

  • 62 views
  • 0 comments
Kilasmanado. com,  JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) rencananya akan menggelar pengundian nomor urut capres cawapres peserta Pemilu 2019, pada hari Jumat (21/9/2018) besok. Dijadwalkan, penentapan Calon Presiden,  DPR dan DPD akan digelar di gedung KPU pada hari ini (20/9 /2018) pukul 16:00 WIB.

Komisioner KPU RI,  Ilham Saputra | foto : EKSKLUSIF ( Ricky Octavian

 

 

Kilasmanado. com,  JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) rencananya akan menggelar pengundian nomor urut capres cawapres peserta Pemilu 2019, pada hari Jumat (21/9/2018) besok. Dijadwalkan, penentapan Calon Presiden,  DPR dan DPD akan digelar di gedung KPU pada hari ini (20/9 /2018) pukul 16:00 WIB.

Komisioner KPU Ilham Saputra, mengatakan,  bahwa mekanisme pengundian nomor urut dimulai dari pengundian nomor gilir, setelah itu dilanjutkan dengan pencabutan nomor urut pasangan calon (paslon).

"Nanti kita akan berikan kesempatam mereka untuk mencabut nomor urut, untuk mencabut nomor undian. Nanti capres-cawapresnya mengambil (nomor gilir), kemudian nomor yang paling kecil, dia yang duluan (mencabut nomor urut). Baru kemudian mereka mengambil nomor urutnya," kata Ilham di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (20/9/2018) pagi tadi.

SelaIn meminta paslon untuk hadir, KPU juga meminta kepada para petinggi partai-partai politik pengusung paslon untuk datang menyaksikan pengundian nomor urut.

Massa pendukung paslon juga diizinkan ikut hadir, namun jumlahnya dibatasi 150 orang tiap pendukung paslon. "Massa pendukung itu nanti di (lantai) bawah 100 (orang), masing-masing calon. Kemudian 50 orang yang akan masuk ke dalam (tempat pengundian nomor urut)," sambung Ilham.

Demi mengantisipasi tidak terjadi bentrok antar massa dua pendukung dua paslon, KPU sudah berkoordinasi dengan aparat kepolisian.

Sementara itu,  Komisioner KPU Wahyu Saputra mengatakan,  KPU juga sudah meminta liaison officer (LO) masing-masing paslon untuk berkomitmen menjaga ketertiban saat pengundian nomor urut.

"Silakan berekspresi dengan ragam ekspresinya, tapi kita sama-sama punya komitmen untuk menjaga bahwa prosesi pengambilan nomor urut itu berjalan dengan aman tertib lancar," tutup   Wahyu Saputra.

( Ricky Octavian

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Kilas Manado, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.