K I L A S M A N A D O . C O M | Torang pe koran online

Jokowi : Nomor urut 1, Untuk Indonesia Bersatu

  • 7 views
  • 0 comments
Komisi Pemilihan Umum menggelar pengambilan nomor urut untuk pilpres 2019 pada Jumat, (21/9/2018) tadi malam.

Pasangan Joko Widodo -  Ma'ruf Amin saat mendapatkan Nomor Urut 1 | Foto : EKSKLUSIF ( Ricky Octavian

 

Kilasmanado.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum menggelar pengambilan nomor urut untuk pilpres 2019 pada Jumat, (21/9/2018) tadi malam.

Proses pengambilan nomor urut diawali dengan pengambilan undian oleh masing-masing calon. Calon yang mendapat nomor terkecil mendapatkan kesempatan pertama mengambil nomor urut.

Calon presiden petahanaJoko Widodo yang berpasangan dengan calon wakil presiden Ma'ruf Amin mendapatkan nomor urut 1. Sedangkan lawannya, pasangan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno mengantongi nomor urut 2 dalam pemilihan presiden atau pilpres 2019.

 Calon presiden inkumben Joko Widodo atau  bersyukur karena mendapatkan nomor urut 1 di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2019. " Alhamdulillah sesuai yang kami harapkan. Kami mendapatkan nomor urut 1, ini memudahkan komunikasi dengan masyarakat, karena kami ingin Indonesia bersatu," ujar Joko Widodo dalam pidatonya sesaat setelah pencabutan nomor urut.

DiungkapJoko Widodo, dirinya sudah membicarakan perihal nomor urut tersebut dengan calon wakil presiden Sandiaga Uno. Baik Jokowi maupun Sandiaga berharap, Jokowi mendapat nomor urut 1 dan Prabowo mendapat nomor 2.

"Jika tidak pembeda, seperti contoh,  saya dapat nomor urut 2, tentu itu akan menyulitkan.  Kenapa menyulitkan?  karena Partai Gerindra pada Pemilu juga nomornya kan 2, " ujar Joko Widodo.

Namun begitu, Widodo bersyukur,  karena proses pencabutan nomor urut telah berjalan. "Alhamdulillah semuanya berjalan dengan baik," kata Joko Widodo.

Teknis pengambilan nomor urut sendiri, dimulai dari proses pengambilannomor giliran pengambilan yang dilakukan oleh masing-masing cawapres. Setelah itu, berdasar nomor giliran yang paling kecil, capres akan mengambil nomor urut pasangan calon.

Terlebih dulu,  Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno mendapat nomor 1, sedangkan Calon Wakil Presiden dari Kubu Jokowi,  Ma'ruf Amin mendapatkan nomor 10. Dikarenakan Sandiaga Uno yang mendapatkan nomor terkecil, maka Prabowo Subianto yang terlebih dahulu mengambil undian nomor yang telah dipersiapkan dalam sebuah tabung bulat,  dan setelah Prabowo, giliran Jokowi yang mengambil nomor.

( Ricky Octavian

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Kilas Manado, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.