K I L A S M A N A D O . C O M | Torang pe koran online

BNPB Siapkan 560 Miliar Rupiah untuk Penanganan Gempa Palu

  • 3156 views
  • 0 comments
Kilasmanado.com, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan bencana (BNPB) menyatakan sudah sediakan anggaran darurat sebesar Rp. 560 miliar untuk penanganan dampak gempa dan tsunami yang melanda Donggala dan Palu, Jumat (28/9) beberapa hari yang lalu.

Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho | FOTO (ist)

 

 

Kilasmanado.com, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan bencana (BNPB) menyatakan sudah sediakan anggaran darurat sebesar Rp. 560 miliar untuk penanganan dampak gempa dan tsunami yang melanda Donggala dan Palu, Jumat (28/9) beberapa hari yang lalu.

Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho. Sutopo mengatakan, bahwa dana tersebut bisa langsung digunakan jika memang mendesak dibutuhkan.

"BNPB masih ada dana darurat Rp560 miliar, ini siap dipakai untuk bantuan gempa itu," katanya di Jakarta, Minggu (30/9/2018) kemarin siang di kantor Kementerian Sosial.

Diakui Sutopo, dari sisi jumlah, dana tersebut kecil. Akan tetapi, apabila nantinya dianggap kurang, pihaknya bisa langsung mengajukan permohonan tambahan anggaran ke Kementerian Keuangan.

Selain anggaran tersebut, pemerintah melalui Kementerian Sosial juga akan memberikan dana santunan untuk korban gempa dengan rincian Rp15 juta per orang untuk korban meninggal. Santunan akan diberikan kepada ahli waris.

Sutopo mengatakan, Pemerintah Daerah Sulawesi Tengah telah menetapkan status bencana gempa dan tsunami yang menerjang Palu pekan lalu dengan status tanggap bencana. Status tersebut akan berlaku sampai 14 hari ke depan.

"Status sudah ditetapkan sebagai tanggap bencana hingga 11 Oktober mendatang," katanya.

Dengan penetapan status tersebut, pemerintah daerah dan nasional memiliki kemudahan akses dalam mengerahkan personil, termasuk anggaran untuk memenuhi kebutuhan dalam penanganan darurat.

 

Sebelumnya, Gempa bumi dan tsunami melanda Donggala dan Palu Jumat pekan lalu. Berdasarkan data yang dimiliki BNPB per 30 September pukul 13.00 WIB, bencana tersebut telah menewaskan 832 orang.

 

(Ricky Octavian)

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Kilas Manado, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.