kilasmanado.com - torang pe koran online

BKIPM Kelas II Manado Lakukan Pelepas Liaran Hard Coral

  • 409 views
  • 0 comments
Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kelas II Manado, telah melepas 36 pieces hard coral di kawasan konservasi taman laut Bunaken, Manado, Sulawesi Utara.

KilasManado.com -- Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kelas II Manado, telah melepas 36 pieces hard coral di kawasan konservasi taman laut Bunaken, Manado, Sulawesi Utara.

 

36 pieces hard coral tersebut merupakan hasil sitaan di bandara internasional Sam Ratulangi Manado yang akan diselundupkan ke Jakarta.

 

"dokumen yang menyertai ini tidak ada, dokumen dari karantina ikan tidak ada kemudian tidak dilaporkan ke petugas balai karantina ikan, itu melanggar pasal 6 undang-undang tahun 1992 tentang karantina ikan, hewan dan tumbuhan," jelas Kepala BKIPM, Muhammad Hatta Arisandi saat melakukan pelepas liaran hard coral di Taman Nasional Bunaken, Rabu (5/10/2016).

 

Di Surat Muatan Bandara, menurut kepala balai, Pemberitahuan tentang isi tercatat makanan dan pakaian dengan pengiriman atas nama Inggrid K, tujuan Jakarta, namun setelah dilakukan pembongkaran ternyata berisi hard coral.

 

Setelah dihubungi, alamat pengirimnya tidak ditemukan sehingga dilakukan tindakan karantina berupa penahanan dan penolakan kemudian dilakukan pelepas liaran di Taman Nasional Bunaken

 

"terdapat bekas-bekas patahan di hard coral itu, sudah pasti ini dicungkil," ujar Muhammad Yasir dari Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut Makassar, Satker Manado yang melakukan pelepas liaran hard coral.

 

Menurut Yasir, butuh puluhan tahun untuk hard coral menjadi besar, karena dalam satu koloni ada beberapa cabang, dan cabang itu yang diambil dan dicungkil.

 

"dampaknya sangat besar sekali karena langsung dicungkil dari alam pengambilannya, pasti kerusakannya cukup besar,"  pungkasnya. (sbhn)

Berita Terkait

Komentar
Nama
Email
Komentar
Masukkan Angka berikut
Jika Anda pernah memberikan komentar sebelumnya di Kilas Manado, maka sebaiknya Anda menggunakan email yang sama dengan sebelumnya supaya Anda tidak harus melakukan verifikasi kembali.
Jika Anda belum pernah sebelumnya memberikan komentar, maka komentar Anda akan langsung muncul jika Anda sudah melakukan verifikasi. Proses verifikasi sangatlah mudah, Anda cukup meng-klik link yang kami kirim ke email Anda.
Email Anda tidak akan dimunculkan jika komentar Anda disetujui.